Minggu, 01 Mei 2011

KUESIONER PENELITIAN HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL USIA 10-14 TAHUN DI SDLB PROF. DR. SRI. SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN, SH JAMBI TAHUN 2010


KUESIONER PENELITIAN
HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP TINGKAT
KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL USIA
10-14 TAHUN DI SDLB PROF. DR. SRI. SOEDEWI
MASJCHUN SOFWAN, SH JAMBI
TAHUN 2010

Inisial responden         :
Usia anak saat ini        :           Tahun
Jenis Kelamin Anak    :
 

Petunjuk pengisian
Berilah tanda ceklis (√) pada jawaban yang menurut anda paling tepat!

A. Peran Orang Tua
No
Pertanyaan
Ya
Tidak



1.

2.

3.


4.


5.





6.


7.


8.

9.


10.






11.


12.

13.

14.


15.
A. Peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan fisik (asuh)

Apakah orang tua memberikan kebutuhan anak, seperti makan dan minum?
Apakah orang tua memandikan dan menggosok gigi anak setiap hari?
Apakah orang tua memberikan anak pakaian yang layak sama dengan anggota keluarga yang lain?
Apakah orang tua memperhatikan kebutuhan fisik anak, seperti mainan (boneka atau mobil-mobilan)?
Apakah orang tua mengatur waktu istirahat/tidur anak?

B. Peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan emosi/kasih sayang (asih)

Apakah orang tua mau memperkenalkan anak sebagai bagian dari keluarga bila ada tamu/kenalan ke rumah?
Apakah orang tua menenangkan anak bila anak sedang ketakutan terhadap bunyi tertentu, seperti bunyi hewan?
Apakah orang tua dapat menerima keadaan anak yang cacat?
Apakah orang tua selalu memberikan permintaan anak berupa mobil-mobilan atau boneka?
Apakah orang tua memotivasi anak untuk bergaul dengan teman-temannya di sekolah/di rumah?

C. Peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan stimulasi mental (asah)

Apakah orang tua mengajarkan anak tentang pengetahuan akademis, seperti menulis di rumah?
Apakah orang tua mengajarkan anak berkomunikasi secara lisan?
Apakah orang tua mengajarkan anak berkomunikasi secara tulisan?
Apakah orang tua mengajarkan anak cara bekerja sama dengan anggota keluarga yang lain?
Apakah orang tua membujuk anak bila anak bersikap berbeda dari anggota keluarga yang lain, misalnya pendiam atau menarik diri?


Sumber: Wasis, 2008



B. Kemandirian Anak
Menurut Anda bagaimana kemandirian anak dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya sehari-hari di rumah?
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.

2.

3.
4.

5.
6.

7.
8.

9.
10.

11.
12.

13.
14.
Anak selalu dibantu dalam makan dan minum.
Anak selalu dibantu mandi dan gosok gigi.
Anak di bantu bila berpakaian.
Anak minta ditemani bila BAK/BAB ke WC.
Anak minta ditemani tidur.
Anak menuntut perhatian yang lebih dari orang tuanya.
Anak lebih manja pada orang tuanya.
Anak sering mengganggu saudaranya/anggota keluarga yang lain.
Anak selalu dibantu menulis.
Anak selalu dibantu berkomunikasi secara lisan.
Anak selalu dibantu dalam membaca.
Anak dapat berkomunikasi dengan isyarat melalui bantuan.
Anak mau dinasehati jika nakal.
Anak mau bekerja sama dengan anggota keluarga yang lain.


Sumber: Wasis, 2008

12 komentar:

  1. maju terus perawat indonesia, thank yahh info,y
    maen ke blog aq yaHH . .
    http://yuudi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bolehkan saya meminta email penulis?karena saya tertarik untuk memakai kuesioner ini dalam penelitian saya dan ingin bertanya lebih lanjut mengenai ini.terimakasih

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dan berkeinginan utk menggunakan kuesioner ini dalam penelitian saya. Bolehkah saya mendapatkan alamat korespondensi pembuatnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. maaf mba boleh minta contac nya mba soalnya ada yg penting saya tanyakan mksh

    BalasHapus
  5. sore kak. boeleh saya minta kontak kakak. terkait ada yang ingin saya tanyakan terhadap kakak untuk kuesioner tsb. boleh minta bantuannya kak ?

    BalasHapus
  6. Bisa minta kontakny kak saya ingin menggunakan kuesioner kaka

    BalasHapus
  7. Kak, boleh minta kontak nyah..? Ada yang mau saya tanyakan tentang blog ini..

    BalasHapus
  8. Kak, boleh minta kontak nyah..? Ada yang mau saya tanyakan tentang blog ini..

    BalasHapus
  9. Kak boleh saya minta kontak atau email penulis kuesioner ini.?

    BalasHapus
  10. kak, boleh saya minta email nya?

    BalasHapus